Selasa, 26 Maret 2013

Multimedia

Teknologi multimedia merupakan panduan dari teknologi komputer rangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta pemanfaatan banyak digunakan hampir di seluruh aspek kegiatan.

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.

Definisi Multimedia menurut beberapa ahli

  1. Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
  2. McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks.
  3. Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
  4. Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video.
  5. Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
  6. Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.

PERANGKAT MULTIMEDIA

Perangkat Keras (Hardware)

  • Hardware adalah elemen pendukung utama sebuah komputer yang dapat dilihat dan diraba. Dimana, komputer merupakan rangkaian dari berbagai komponen dan periferal (perangkat input/output yang merupakan bagian dari pendukung sistem).
  • Hardware yang diperlukan untuk mengoperasikan Periferal Multimedia  terdiri dari 4 komponen penunjang utama:
  1.        Perangkat  input
  2.        Perangkat pemrosesan (CPU)
  3.        Perangkat penyimpanan
  4.        Perangkat output
1. Perangkat Input (Perangkat yang memberikan sinyal masukan pada sistem komputer berupa sinyal input dari maintainance input)
•       Keyboard
•       Mouse
•       Disk drive
•       CD/DVD ROM
•       CD RW/ DVD RW
•       Joystick
•       Scanner
2. Perangkat Pemrosesan (Cental Processing Unit)
•       Control Unit
•       Arithmatic Logic Unit
•       Memory
3. Perangkat Penyimpanan :
•       Hard disk
•       Floppy disk
•       Compact Disk (CD)
•       Digital Versatile Disc (DVD)
•       Read-only Memory (ROM)
•       RAM (Random Access Memory)
•       Flash disk
4. Perangkat Output (perangkat pelengkap komputer untuk menampilkan danmengeluarkan hasil kerja komputer)
•       Monitor
•       Printer
•       Speaker
•       Headphone
•       Dll

Perangkat Lunak (Software)
  • Software adalah elemen pendukung utama sebuah komputer yang tidak bisa diraba (di sentuh), hanya dapat dilihat. Software dapat juga diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan program-program komputer. Program adalah deretan instruksi-instruksi yang dimengerti komputer.
  • Software  terbagi menjadi  dua macam, yaitu :
  1. Software Sistem Operasi.
  2. Software Program Aplikasi.

  • Software Sistem Operasi
Software Sistem Operasi adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengoperasikan sebuah komputer dan mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Software sistem operasi yang banyak dipakai dalam komputer Multimedia, antara lain :
.:: DOS (Disk Operating Sistem)
.:: Microsoft Windows
.:: Linux
.:: Unix
.:: Macintosh (Mac)
.:: Dll


  • Software Program Aplikasi
Software program aplikasi adalah salah satu software yang berfungsi sebagai aplikasi tambahan pada sistem operasi yang ada. Program adalah deretan instruksi-instruksi yang dimengerti oleh komputer. Contoh software program aplikasi, antara lain :
.:: Microsoft Office
.:: CorelDRAW
.:: Adobe Photoshop
.:: Macromedia Flash MX
.:: Macromedia FreeHand MX
.:: 3DS Max
.:: Adobe Ilustrator
.:: Adobe Indesign
.:: Dll

sumber :
http://ruangdosen.files.wordpress.com/2011/07/perangkat-multimedia.ppt
http://www.balinter.net
http://www.satriamultimedia.com




Tidak ada komentar: